Presiden RI Resmikan Sejumlah Ruas Tol - Gaungdemokrasi.com
409 views
News

Presiden RI Resmikan Sejumlah Ruas Tol

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Jakarta-Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Pulo Gebang-Kelapa Gading, Senin (23/8/2021).

Jalan tol tersebut melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek dan merupakan bagian dari lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Jokowi di lokasi.

Jokowi berharap dengan selesainya jalan tol segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading proses distribusi logistik akan semakin cepat.

Ia juga meyakini daya saing berbagai komoditas bakal semakin baik lantaran jalan tol ini terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda dan terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan demikian, daya saing daerah akan semakin kuat.

“Terutama mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik dan mobilitas barang antara Kota Jakarta dan sekitarnya juga akan semakin baik,” ujar Jokowi.

Presiden pun ingin model pembiayaan yang diterapkan dalam pembangunan jalan tol segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading bisa dilakukan di berbagai jalan tol lain, yakni memadukan anggaran bauran pendanaan antara kementerian dan BUMN atau kementerian, BUMN, dan swasta.

Skema KPBU itu, kata Jokowi, dapat mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah pemerintah rencanakan.

“Saya berharap skema-skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di seluruh pelosok Tanah Air sehingga akan mampu mengatasi masalah antardaerah, antarprovinsi, dan konektivitas kita,” tuturnya.

Adapun dalam acara peresmian ini Jokowi didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
(Setkab/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *