Kadis Dukcapil Dairi Pimpin Rapat Dengan Staf Instruksikan Pelayanan Jemput Bola Jempol

Pemerintahan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

gaungdemokrasi.com,Sidikalang –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melaksanakan Rapat Kerja dengan 30 orang staf Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) dari 15 Kecamatan se – Dairi terkait peningkatankualitas pelayanan dan pencapaian target Dukcapil di Kabupaten Dairi, ruang rapat Dinas Dukcapil Dairi, Jumat (10/09/2021)

Hadir dalam rapat tersebut Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M,Si, Sekdis Rayambong S. Sitohang, ST, MAP, Kabid Dafduk Amudi Naiborhu,S.Sos, Kabid Capil Hendra Imran Purba, SH, Kabid PIAK SImon Tonny Simon Malau, S.Kom, MAP, Kabid PDIP Hetty Nuriaty Pardede, SH dan beberapa kasi dan staf.

Dalam arahannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M,Si mengingatkan kembali kepada seluruh peserta rapat bahwa target Dinas Dukcapil yang harus dicapai adalah penuntasan cakupan kepemilikan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Masyarakat Kabupaten Dairi.

“Target yang akan kita capai tersebut adalah salah satu upaya untuk mewujudkan DAIRI UNGGUL yang Menyejahterahkan Masyarakat dalam Harmoni Keberagaman dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Kita harus terus bekerja keras, memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada seluruh warga kita khususnya dalam pelayanan dokumen kependudukan”, terang Kadis.

Lebih lanjut, Kadis mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Dinas Dukcapil Dairi karena kinerja Dinas Dukcapil Dairi sudah berada di level 3 dari 4 level yang ditentukan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI.

“Pencapaian kinerja yang kita raih tersebut dibacakan Direktur Pendaftaran Penduduk Kemendagri Dr. David Yama, M.Sc, MA pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Profil Data Kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se- Sumut di Hotel Madani Medan, Kamis (09/09). Level kinerja kita telah meningkat dari level 2 menjadi level 3. Mometum Ini menjadi motivasi dan semangat kita untuk terus meningkat kuallitas pelayanan dukcapil kepada seluruh warga kita”, tutur Deddy Situmorang, SE, M.Si kepada seluruh peserta rapat dan disertai tepuk tangan atas kinerja tersebut.

Untuk memperoleh kinerja level 3, ada 7 – 8 indikator yang harus dipenuhi seperti pencetakan KIA diatas 30%, penggunaan kertas putih dalam pencetakan 18 dokumen, TTE terhadap 18 dokumen, tersedia pelayanan online, tersedia pelayanan integrasi, akta lahir 0-18 tahun sudah 95%, Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan penggunaan hak Akses Data.

Delapan indikator tersebut telah dipenuhi Dinas Dukcapil Dairi, tinggal 1 lagi belum terpenuhi yakni target perekaman KTP-el yang belum tercapai. Saat ini, perekaman KTP-el Kabupaten Dairi telah mencapai 98.85%, sedangkan target nasional yang harus dipenuhi sebesar 99,2 % sehingga 0,35% lagi yang harus diraih.

Strategi dan upaya yang akan dilakukan untuk mengejar pencapaian rekam KTP-el tersebut, Kadis Dukcapil Dairi mengintruksikan kepada seluruh peserta yang hadir untuk melakukan pelayanan Jemput Bola (jempol) perekaman KTP-el ke sekolah-sekolah SMA dan SMK se – Dairi dan menginvetarisir kembali warga di Desa-Desa yang belum rekam KTP-el untuk melakukan perekaman di TPDK setempat.

Selain itu, Dinas Dukcapil Dairi juga harus terus meningkatkan kinerja melalui peningkatan pelayanan di TPDK se – Dairi, pendampingan kepada Kepala Desa (Kades), perangkat desa dan puskesmas dalam mempergunakan perkebbas sebagai pelayanan adminduk secara online, melaksanakan pelayanan Jemput bola ke Desa, rekam KTP-el ke sekolah-sekolah dan kelompok rentan adminduk.

“Apabila dilapangan masih ditemui masalah dan kendala yang tidak dapat diselesaikan, staf TPDK dapat berkoordinasi dan komunikasi dengan atasannya sehingga mendapat solusi dan penyelesaian atas masalah tersebut. Diharapkan pelayanan dapat lebih cepat dan transparan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, tegasnya.

Berbagai topik yang dibahas dalam rapat tersebut seperti pelayanan pengurusan SKPWNI yang tidak dibawa warga dari daerah asalnya, pengurusan/penerbitan akta kematian, penuntasan NIK dalam status flag K, delegasi penerbitan akta perkawinan, peningkatan disiplin kerja dan kehadiran, menjaga kebersihan ruang pelayanan dan sekitarnya dan topik lainnya.

Rapat kerja diakhiri dengan foto dan makan bersama dengan seluruh jajaran Dinas Dukcapil Dairi sebagai komitmen bersama wujudkan Dairi Unggul. ( Clara )

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

Leave a Reply

Your email address will not be published.