Dukcapil Dairi Dalam Rangka JEMPOL Kunjungi Warga Desa Sigambir-Gambir Sumut

Pemerintahan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,SiempatNempuhHulu– Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Kabupaten Dairi kembali turun melayani warganya melalui pelayanan Jemput Bola (Jempol) di Desa Sigambir Gambir Kecamatan Siempat Nempu Hulu, bertempat di Kantor Desa Sigambir gambir, Senin (13/09).

Hadir dalam kegiatan pelayanan tersebut Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung, S.Sos, MAP, Kepala Desa (Kades) Sigambir Gambir Resdon Simamora, Pejabat dan staf Dinas Dukcapil serta perangkat Desa Sigambir Gambir.

Dalam acara pembukaan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si mengatakan pelayanan Jempol adalah salah satu upaya perubahan pelayanan mewujudkan Dairi Unggul dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu yang bekerja mendekatkan dan mencepat pelayanan admnistrasi kependudukan sampai kepada masyarakat yang diharapkan tepat sasaran.

“Kegiatan Jempol hari ini sudah memasuki pelayanan ke 14 dari target 43 Desa se – Dairi yang diharapkan warga benar-benar memanfaatkan kesempatan ini mengurus dan menyelesaikan seluruh dokumen administrasi kependudukannya”, ungkapnya.

Pelayanan dokumen kependudukan yang diberikan hari ini seperti pengurusan kartu keluarga (KK), perekaman dan pencetakan KTP-el, akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian dan kartu identitas anak (KIA).

Lebih lanjut, Dia juga mengatakan untuk mendekatkan pelayanan kepada warga, Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan sosialisasi Perkebbas kepada seluruh Desa dan Kelurahan se –Dairi, melalui pelayanan online tersebut, Kantor Desa/Kelurahan sudah dapat melayani warga desa/kelurahan dalam membantu warga mengurus pelayanan dokumen adminduk.

Sementara itu, sambutan Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung, S.Sos, MAP mengatakan bahwa pelayanan yang dilakukan saat ini merupakan perubahan pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Saya juga berharap kepada Kades untuk mendata warga yang masuk dalam kategori penduduk kelompok rentan seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas dan orang-orang terlantar untuk memperoleh identitas diri. Nanti datanya dapat kita sampaikan ke Dinas Dukcapil untuk selanjutnya dilakukan jemput bola langsung kerumah-rumah warga tersebut”, tutur Camat dihadapan Warga Sigambir Gambir dengan penuh semangat.

Apabila ada dokumen warga yang hilang, belum lengkap, ini kesempatan untuk mengurusnya. Pemerintah sudah berkali-kali menyampaikan kepada warga untuk melengkapi dokumen adminduknya karena dasar segala dokumen adalah KK dan KTP, mulai dari mendapatkan bantuan, divaksin, KK dan KTP menjadi syarat mutlak.

Kades Sigambir-Gambir Resdon Simamora dalam sambutan selamat datangnya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil yang memberikan pelayanan dokumen kependudukan di Desa Sigambir Gambir yang berpenduduk + 280 KK.

“Masih banyak dokumen adminduk warga kami belum lengkap sehingga kami mengundang Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan langsung kepada warga kami. Semoga melalui pelayanan yang dilaksanakan hari ini dapat menuntasan seluruh dokumen warga kami”, ujar Kades.

Disela-sela pelayanan berlangsung, dilaksanakan penyerahan langsung dokumen yang telah selesai kepada warga Sigambir-Gambir, KTP-el kepada Aventus Purba dan Helma Bako dan Akta Lahir kepada Samuel Sardis Hutabarat.

Hasil pelayanan yang dilakukan di Desa Sigambir-Gambir yakni Rekam KTP-el sebanyak 24 orang, Cetak KTP-el sebanyak 58 keping, Cetak Kartu Keluarga (KK) sebanyak 33 lembar, Akta lahir sebanyak 80 lembar, akta perkawinan sebanyak 16 lembar, akta kematian sebanyak 2 lembar, rekam KIA sebanyak 35 orang dan cetak KIA sebanyak 95 keping. (Clara/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published.