Selama 3 Minggu Dukcapil Kab Dairi Menerima Warga Gangguan Jiwa Rekam KTP-el

Sosial Budaya
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Sidikalang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi kedatangan Warga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). ODGJ yang berasal dari Desa Sumbul Kecamatan Lae Parira tersebut dihantarkan oleh Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Pdt. Josua Sihombing.

Dalam penjelasannya, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dari ruang kerjanya mengatakan seluruh warga Indonesia berhak secara konstitusional memiliki identitas diri termasuk terhadap warga dalam kategori kelompok penduduk rentan adminduk seperti ODGJ, Rabu (06/10).

“Melalui identitas ini, seluruh Warga Indonesia akan memperoleh pelayanan-pelayanan lain seperti layanan kesehatan, jaminan dan bantuan sosial, perbankan dan lainnya. Identitas ini sangat penting dan vital di zaman era globalisasi ini. Semua telah terintegrasi dengan database kependudukan sehingga tidak boleh lagi data penduduk ganda”, ungkapnya.

Kami sangat mengapresiasi terhadap Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Pdt. Josua Sihombing yang berasal dari Desa Sumbul Kecamatan Lae Parira yang memberikan perhatiannya kepada kelompok penduduk rentan adminduk.

“Selama 3 minggu berturut-turut, telah diantarkan tiga ODGJ ke Dinas Dukcapil rekam KTP-el untuk kepemilikan identitasnya. Kepedulian yang dilakukan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama ini patut ditiru agar setiap orang dapat berempati kepada kelompok-kelompok penduduk rentan adminduk”, tutur Deddy.

Dinas Dukcapil bersedia melakukan pelayanan Jemput Bola (Jempol) kepada warga kelompok penduduk rentan adminduk yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ, penyandang disabilitas, lansia dan lainnya yang diharapkan tidak ada lagi warga tidak memiliki identitas diri.

Kegiatan ini adalah salah satu perubahan pelayanan yang selalu disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk terus dilakukan agar seluruh warga dapat merasakan hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakatnya.

Sembari mendampingi warganya, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Pdt. Josua Sihombing mengucapkan terimakasih atas pelayanan cepat dan tepat yang diberikan Dinas Dukcapil khususnya kepada warga ODGJ tersebut.

“Ketiga keluarga ODGJ tersebut senang atas terbitnya KTP-el yang langsung selesai pada saat itu juga. Tidak ada diskriminasi dalam pelayanan yang diberikan, semua urusan gratis dan cepat. Semoga pelayanan ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memudahkan seluruh kebutuhan dokumen kependudukan”, tutupnya dengan senyum bahagia. (Clara/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published.