Wakil Menteri Desa Kunjungi Kab Toba Tinjau Tempat Pariwisata Sekitar Balige

Pemerintahan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Balige-Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus mendampingi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi bersama istri Zara Murzandina dalam kunjungan kerjanya meninjau Desa Wisata Tara Bunga, Kecamatan Tampahan, Jumat (15/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Wamen mengajak masyarakat berpartisipasi membangun desa di sekitar Danau Toba yang masuk sebagai kawasan wisata super prioritas nasional (KSPN).

“Selama masyarakat bergerak, maka saya yakin potensi pariwisata di sekitar Danau Toba ini akan bisa menarik wisatawan dari seluruh dunia, jangan sampai yang semangat Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten, sementara warganya tidak, ini perlu warganya juga semangat untuk membangun desa” ungkapnya.

Wamen juga menambahkan bahwa program bantuan sarana dan prasarana pengembangan obyek wisata tahun anggaran 2021 dirancang untuk mampu mewujudkan iklim pariwisata yang kondusif melalui pemberian stimulan untuk membangun dan menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana desa yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan potensi desa, sekaligus sebagai asset desa untuk mempercepat pengembangan desa wisata berstandar internasional dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

Menurut Budi Arie, partisipasi dan keinginan untuk maju dari masyarakat untuk membangun desa diharapkan bisa mendorong pembangunan dan kemajuan Kabupaten Toba dan juga desa-desa di seluruh Kabupaten Toba.

Sementara itu, Bupati Toba menyampaikan bahwa Pemerintah daerah memiliki keyakinan melalui kunjungan kerja wamen dapat melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi mengenai pelaksanaan pemerintah dan pembangunan desa wisata di Kabupaten Toba.

“Harapan nantinya akan dapat dirumuskan kebijakan-kebijakan yang efektif di tingkat pusat untuk membantu pengembangan desa wisata dan ketertinggalan di Kabupaten Toba.” ungkapnya

Ditambahkannya pula bahwa berdasarkan surat Keputusan Bupati Toba nomor 665 Tahun 2020 telah ditetapkan desa wisata di Kabupaten Toba sebanyak 36 desa, dimana pada tahun anggaran 2021 sebanyak 5 desa menjadi lokasi penerima bantuan dari Kementerian Desa PDTT yaitu Desa Tara Bunga, Desa Lintong Nihuta, Desa Parparean I, Desa Pardomuan Ajibata, Dan Desa Ompu Raja Hatulian. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan terima kasih, kiranya bantuan-bantuan lainnya dapat berkelanjutan untuk akselerasi percepatan pembangunan di Kabupaten Toba sebagai Kawasan Super Prioritas Nasional.

Turut hadir dalam kegiatan yakni perwakilan dari Dinas PMDP Provinsi Sumatera Utara, Ketua BPODT Benny Siagian, Kadis PMDP-PA Kabupaten Toba Henry Silalahi, Camat Tampahan Freddy Panjaitan, Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat Desa Tarabunga.  (Humas/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published.