Dukcapil Kab Dairi Jempol Warga Rentan Adminduk di Kec Silima Pungga-Pungga

Pemerintahan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Parongil – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi bersama dengan UPT. Puskesmas Bakal Gajah berkolaborasi tuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan warga yang masuk dalam kategori warga rentan administrasi kependudukan (adminduk) di Kecamatan Silima Pungga – Pungga, Kamis (21/10).

Kegiatan Jemput Bola (Jempol) Adminduk berupa rekam KTP-el diikuti Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabid PIAK Tonny Simon Malau, S.Kom, MAP, Hendra Supreddi Simaremare, Morleon Steve Tambunan.

Sedangkan dari UPT. Puskesmas Bakal Gajah, diikuti Kapus Bakal Gajah dr. Dewi Haloho, Staf Puskesmas Kawas Sihotang, Rostini Nainggolan, Sugiarto Banjarnahor, Bides Lae Panginuman Terbit Banun, Eka Pola Napitupulu, Bides Lae Pangaroan Rotua Febriyanti Pasaribu, Pustu Siboras Hermin Lumban Batu, Pustu Lae Ambat Binner Sianturi.

Disela – sela pelayanan jempol yang dilakukan, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si menjelaskan kegiatan yang dilakukan saat ini adalah bagian menyelesaikan seluruh kepemilikan dokumen kependudukan seluruh Warga Dairi .

“Ini adalah program prioritas Bupati Dari Dr. Eddy Keleng Ate Berutu wujudkan Dairi melalui penuntasan seluruh dokumen kependudukan warga yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Selain peningkatan kualitas pelayanan di Dinas Dukcapil dan Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) se – Dairi, pelayanan Jemput Bola terus dilakukan untuk lebih mendekat pelayanan kepada masyarakat”, ungkapnya.

Semua Warga Indonesia berhak untuk memiliki identitas diri seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el yang diharapkan melalui dokumen kependudukan tersebut, warga akan lebih mudah memperoleh seluruh pelayanan seperti pelayanan kesehatan, bantuan sosial, asuransi, membuka tabungan, BPJS, mendaftar sekolah dan lainnya.

Ditambahkannya lagi, pelayanan hari ini difokuskan terhadap warga rentan adminduk seperti Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas di Kecamatan Silima Pungga – Pungga khususnya di lima Desa seperti Desa Siboras, Desa Lae Panginuman, Desa Lae Pangaroan, Desa Lae Ambat dan Desa Sumbari.

“Adapun hasil dari pelayanan jemput bola rekam KTP-el terhadap kelompok warga rentan adminduk adalah 15 orang dengan rincian tujuh ODGJ, tujuh penyandang disabilitas dan satu orang warga yang sehat. Hasil pelayanan ini jauh dari target yang diajukan seelumnya sebanyak 7 orang”, ujar Kadis Dukcapil.

Sementara itu, dari lokasi pelayanan di wilayah kerjanya, Kapus Bakal Gajah dr. Dewi Haloho mengaku gembira atas kedatangan Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan perekaman KTP-el terhadap warga yang berkebutuhan khususnya ini.

“Kegiatan kami bersama Dinas Dukcapil ini adalah untuk merekam KTP warga yang berkebutuhan khusus. Melalui dokumen kependudukan ini, kegiatan kami dalam program pemberian vaksinasi dalam pencegahan penyebaran covid -19 di Kabupaten Dairi khususnya di Kecamatan Silima Pungga – Pungga dapat berhasil”, kata Dokter Dewi Haloho.

Untuk dapat mewujudkan tercapainya target vaksinasi kepada seluruh warga terkhusus terhadap kelompok rentan, diperlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai data untuk dientri dalam aplikasi kemenkes.

“Terimakasih dan apresiasi kami ucapkan kepada Dinas Dukcapil yang langsung turun tangan mengunjugi warga langsung ditempatnya. Semoga seluruh warga yang terdata hari ini akan mendapat pelayanan yang lebih maksimal lagi dari Pemerintah”, ujarnya tersenyum selesai menyuntik vaksin kepada warga yang berkebutuhan khusus ini. (Clara)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published.