Pemkab Toba Sumut Menyerahkan Kartu Tani dan Pupuk Subsidi Terhadap Kelompok Tani

Pemerintahan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Balige-Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audi Murphy O Sitorus pada saat memberikan sambutan dalam h Penyerahan Kartu Tani Kabupaten Toba yang dilaksanakan di Ruang Rapat Staff Ahli Kantor Bupati Toba, Selasa (26/10/2021), mengatakan bahwa distribusi pupuk subsidi tetap mengacu pada elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) by name by address yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan). Selain itu ada perubahan pola distribusi agar bantuan yang diberikan pemerintah lebih efektif, lebih tepat kepada pihak yang memang membutuhkan, termasuk bantuan pupuk subsidi.

Sementara itu, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus mengatakan pada Konsepnya kartu tani ini diberikan langsung kepada petani berbasis Poktan (kelompok tani) yang termasuk dalam daftar RDKK (rencana defenitif kebutuhan kelompok), berisi kuota pupuk per jenis pupuk berdasarkan alokasi. Selain itu dikatakannya, kartu tani merupakan kartu multi fungsi yang memuat informasi petani, lahan, kebutuhan saprotan, informasi panen, maupun sebagai kartu debit untuk penerimaan tabungan, pinjaman, subsidi maupun bantuan lainnya.

Poltak Sitorus menambahkan, kartu tani ini juga nantinya untuk mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) lainnya, seperti pemberian benih, pestisida, alsintan, bantuan/ pinjaman dan asuransi tani.

“Karena itu, petani dianjurkan untuk masuk ke dalam poktan dan dalam pemberian subsidi langsung melalui kartu tani, syarat yang harus dipenuhi adalah tersedianya data poktan dan petani (nama dan alamat) sebagai target grup berdasarkan data RDKK yang masuk dalam sistem informasi penyuluhan pertanian (Simluhtan)” ujarnya

Selain itu Poltak juga menambahkan agar harapannya kartu tani ini hendaknya dapat menjadi alat mempermudah para petani, bukan malah mempersulit ujarnya. (Humas/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published.