Pelayanan Adminduk Disdukcapil Indramayu Jadi Ekspres Lewat Program 'Melayu' - Gaungdemokrasi.com
Korupsi

Pelayanan Adminduk Disdukcapil Indramayu Jadi Ekspres Lewat Program ‘Melayu’

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – Indramayu

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu terus berupaya menyelesaikan administrasi kependudukan (adminduk).

Untuk percepatan adminduk, berbagai program diterapkan Disdukcapil. Diantara program yang sedang dilakukan yakni melalui pelayanan ‘Melayu’ (Melayani Langsung Masyarakat Indramayu) dan ‘Patas’ (Cepat Terbatas).

Setiap hari, petugas Disdukcapil berkeliling jemput bola menyelenggarakan kedua pelayanan tadi. Baru-baru ini misalnya, petugas Disdukcapil melayani sejumlah warga disabilitas, lansia dan warga yang sedang sakit, menyelesaikan pembuatan KTP dan KK.

Warga yang bermasalah secara fisik, tidak direpotkan. Mereka tak perlu datang ke kantor balai desa dan kecamatan, namun cukup berdiam diri di rumah lalu didatangi petugas Disdukcapil.

“Kami baru saja melayani pembuatan KTP dan KK untuk disabilitas, lansia dan warga yang sakit di Desa Pranggong Kecamatan Arahan, ungkap Kepala Disdukcapil, Mohamad Iskak Iskandar, Senin 1 November 2021.

Layanan Disdukcapil Indramayu ini rupanya mencuri perhatian Ombudsman RI. Secara khusus, Ombudsman RI memberikan apresiasi terhadap program pelaksanaan adminduk yang dikelola Kabupaten Indramayu.

Dari hasil pengamatan dan survei di lapangan, Ombudsman RI menilai program Adminduk Kabupaten Indramayu telah sesuai harapan masyarakat.

Program Adminduk yang diapresiasi positif antara lain adalah Disdukcapil ‘Melayu’ atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ‘Melayani Langsung Masyarakat Indramayu’ dan ‘Patas’ (Cepat Terbatas).

Ombudsman menyebut, sistem jemput bola bagi warga yang sakit, ODGJ dan penderita disabilitas serta lansia menjadi kunci penting pelayanan.

“Pembuatan KTP, KK dan lain-lain dengan sistem jemput bola merupakan terobosan yang memang diharapkan oleh masyarakat luas. Ini sangat baik,” ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Dan Satriana beberapa waktu lalu.*Lukman

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *