Training Untuk Kawula Muda, Dispora Sosialisasikan Aplikasi "SIMUDA' - Gaungdemokrasi.com
194 views
Korupsi

Training Untuk Kawula Muda, Dispora Sosialisasikan Aplikasi “SIMUDA’

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – Indramayu

Training Kewirausahaan Pemuda Tahun 2021 berjalan dengan lancar. Sebanyak 50 peserta dari kaum muda itu serius mengikuti jalannya kegiatan yang diselanggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu di Hotel Wiwi Perkasa II, kemarin 25-27 Oktober 2021.

Hadir dalam pelatihan tersebut Asisten Daerah Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu Jajang Sudrajat, narasumber dari Yogyakarta, Warsis, Sumedang, Fahmi, serta Decko dari Indramayu.

Jajang menjelaskan, training kewirausahaan pemuda dimaksudkan agar dapat melahirkan sosok wirausaha baru di Indramayu untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya kaum muda. Menurutnya, terdapat bidang kewirausahaan yang dapat digali dan dikembangkan oleh para pemuda. Dengan mememperhatikan keinginan pasar, pelaku kewirausahaan banyak mendapatkan peluang.

“Keinginan konsumen harus dipenuhi, seperti pelayanan yang cepat dan tanggap, serta memiliki nilai lebih. Di samping itu, yang harus dimiliki oleh para entrepreneur adalah memenuhi kebutuhan konsumen seperti produk yang berkualitas, branding yang menarik dan unik serta pemasaran yang mudah,” ujarnya.

Ia berharap, dengan pelatihan kewirausahaan pemuda, dapat menambah rasa percaya diri untuk menjadi entrepreneur maju dan berkomitmen, memastikan bahwa usaha atau produk yang dibidanginya bisa berkembang dan maju.

Sementara itu Kepala Dispora Kabupaten Indramayu, Jahirin, mengatakan, pemuda adalah mereka yang berusia 16-30 tahun. Para pemuda ini wajib memiliki ketrampilan agar nanti kelak dapat mengembangkannya ketika di masyarakat.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009, pemuda adalah dewasa tanggung yang berusia antara 16-30 tahun. Di usia itu kita bekali ketrampilan untuk masa depannya kelak,” katanya.

Sedangkan Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora Kabupaten Indramayu yang juga panitia pelaksana, Media Heryanto, menjelaskan, selain menggelar pelatihan kewirausahaan pemuda, pihaknya juga mengadakan sosialisasi SIMUDA (Sistem Informasi Database Kewirausahaan Pemuda).

“Aplikasi ini kami sosialisasikan bahwa SIMUDA sebagai bentuk pelayanan dari Dispora Indramayu untuk wirausaha muda. Aplikasi ini dapat diakses melalui link www.simuda.indramayukab.go.id,” jelasnya.

Di tempat yang sama, narasumber dari Sumedang, Fahmi, menyampaikan pentingnya pelaku wirausaha muda untuk belajar bisnis berbasis digital atau marketing. Hal ini dilakukan mulai dari, membuat akun bisnis sampai menjual produknya, hingga mendapatkan pelanggan pertamanya.

“Enaknya bisnis digital marketing, kita bisa mengerjakannya di rumah, tidak perlu berangkat pagi pulang petang. Ayo kita berbisnis apapaun produknya mari kita belajar digital marketing,”ungkapnya.*Lukman

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *