Bupati Toba Sumut Panen Raya Jagung IP2 di Desa Nauli Sigumpar Dengan Sukses - Gaungdemokrasi.com
579 views
Pemerintahan

Bupati Toba Sumut Panen Raya Jagung IP2 di Desa Nauli Sigumpar Dengan Sukses

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,Sigumpar-Bupati Toba Poltak Sitorus Panen Raya Jagung Program IP2 yang dicanangkan Oleh Bupati Toba Poltak Sitorus pada pertengahan tahun ini menanam jagung di lahan persawahan di Desa Nauli Kecamatan Sigumpar. (22/11/2021)

Berdasarkan Laporan PPL Kecamatan Sigumpar M. Sibarani. Luas Lahan Jagung IP2 di desa Nauli seluas 60 Hektar. Yang dibagi oleh 5 Kelompok Tani. Adapun setiap kelompok tani sekitar 20 KK dan total semua masyarakat yang ikut menanam IP2 ini sekitar kurang lebih 100 KK.

Bupati merasa senang karena berdasarkan Laporan Yg langsung dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Toba setelah diukur dan ditimbang, didapatkan hasil rata rata 6,72 Ton per hektar. Dan tempat hasil panen yang dilakukan Bupati didapatkan hasilnya kurang lebih 10 Ton per Hektar. Artinya hasil panen maksimal dengan hasil paling bagus bisa mencapai 10 ton per hektar.

Bupati Toba pada kesempatan itu menyampaikan dengan luas lahan sekitar 60 hektar dibutuhkan bibit sekitar 900 Kg dengan asumsi bibit seharga kurang lebih Rp 100 juta, didapatkan hasil sekitar 403 ton dari 60 hektar itu. Dengan harga jual saat ini di tingkat petani Rp.4800 per kg, maka Omset penjualan petani jagung desa Nauli hampir mencapai Rp 2 Miliar. Menurut Bupati ini, ini sukses besar.

Bupati melanjutkan akan terus membantu petani jagung agar petani makin sejahtera. Ny Siagian boru Sitorus salah satu perwakilan petani sangat berterima kasih atas bantuan Bibit Jagung ini. Menurut Ny Siagian Boru Sitorus, petani di desa Nauli sangat antusias dengan program bantuan bibit jagung ini, apalagi harga jual jagung saat panen juga lumayan bagus Rp 4800. Warga berharap terus mendapat bantuan dari pemerintah agar petani bisa sejahtera.

Turut Hadir dalam panen Raya Jagung ini, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak SE, Sekda Kab. Toba Audy Murphy Sitorus, Asisten II Sahat Manullang, Kadis Pertanian TH Sitorus, Kadis Ketapang, Kabag Perekonomian Sesmon Butar Butar, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Kades Desa Nauli Parlaungan Siagian, dan jajaran pemkab lainnya dari berbagai Dinas, PPL Kec Sigumpar.

Bupati akan terus melanjutkan program ini karena sukses membuat petani mendapatkan hasil yang lebih baik.
(CS/WS)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *