Bunda Paud Bersama Dukcapil Kab Dairi Bagikan KIA Anak Holistik Integratif - Gaungdemokrasi.com
415 views
Pendidikan

Bunda Paud Bersama Dukcapil Kab Dairi Bagikan KIA Anak Holistik Integratif

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com,sidikalang-Bunda PAUD Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) kepada anak-anak PAUD di TK Pembina dan TK Santa Maria Sidikalang, kegiatan peningkatan peran bunda PAUD di Kabupaten Dairi, Senin (29/21).

Dalam pelaksanaannya, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlibat dalam pendampingan berdasarkan tugas dan fungsinya masing-masing seperti Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas P3AP2KB. Kegiatan pendampingan dilaksanakan secara bersama-sama sejak 13 Oktober, 1 Nopember dan terakhir 29 Nopember 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Sekdis Pendidikan Jaspin Sihombing, M.Pd, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan dr. Damanik, Perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas P3AP2KB, Kasek TK Pembina Lismawati Silalahi, Kasek TK Santa Maria Sidikalang Suster Timotea Rumapea, Kasek PAUD Mandiri Sanggar Kelompok Belajar Santi Pandiangan, Kasi Identitas Penduduk Rosline Munte, Kasi Kelahiran Yohana Pratedina Ketaren, SE.

Dalam sambutan dan bimbingannya, Bunda PAUD Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan anak-anak usia nol sampai enam tahun adalah periode emas atau golden age.

“Golden age maksudnya adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting pada masa awal kehidupan anak. Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan seluruh orang tua. Pada masa ini, otak bertumbuh secara maksimal, begitu juga pertumbuhan fisik”, ungkapnya.

Selain itu, Romy juga menyampaikan bahwa semua anak-anak harus mendapatkan hak-hak anak seperti kepemilikan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Melalui kepemilikan akta lahir dan KIA tersebut, hak-hak anak sudah diakui secara hukum. Untuk itu, diminta seluruh orang tua harus mengurus dan melengkapi dokumen tersebut. Selain itu, dokumen tersebut juga sangat diperlukan pada jenjang pendidikan selanjutnya”, ajak Romy Mariani Eddy Berutu kepada orang tua yang hadir, yang juga sebagai Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Dairi dalam sambutannya dikegiatan tersebut mengatakan bahwa Dinas Dukcapil terus ikut mendampingi kegiatan peningkatan peran bunda PAUD di Kabupaten Dairi yang dilaksanakan di 10 PAUD dari 8 kecamatan se – Dairi.

“Dalam kegiatan ini, Dinas Dukcapil telah mencetak 404 keping KIA di 10 PAUD dari 8 Kecamatan se – Dairi. Kolaborasi seperti ini yang sangat kami harapkan yang nantinya kedepan seluruh anak-anak yang berusia nol sampai delapan belas tahun, secara bertahap dokumen kependudukannya dapat tuntas”, katanya.

Saat ini, capaian akta kelahiran usia 0 – 18 tahun telah mencapai 98,34% atau sebanyak 111.457 akta dari target 113.336 dan capaian KIA sudah mencapai 40,82% atau sekitar 43.070 keping KIA tercetak dari target 107.675 orang.

“Kami terus berupa mengejar capaian Akta Lahir dan KIA untuk terus meningkatkan dengan harapan seluruh anak-anak tuntas dokumen adminduknya. Beberapa upaya yang telah kami lakukan seperti kerjasama dengan Dinas Pendidikan Dairi dalam percepatan penerbitan dokumen kependudukan mulai tingkat PAUD, TK, SD dan SMP, kerjasama dengan RSUD Sidikalang dan 18 Puskesmas se-Dairi, dimana pasca melahirkan seorang ibu akan membawa pulang akta kelahiran, KIA dan perubahan KK”, jelas Kadis dihadapan Bunda PAUD Dairi dan seluruh peserta yang hadir.

Sepuluh PAUD yang ditetapkan menjadi PAUD Holistik Integrasif (HI) antara lain TK Santa Maria Sidikalang, TK Pembina Sidikalang, PAUD Mandiri Sanggar Kelompok Belajar Sitinjo, TK Pembina Sumbul, Kelompok Bermain Margaretas Kasih Bangsa Sumbul, TK Grace Parongil, TK TBTI Universal Berampu, Kelompok Bermain Tunas Harapan Tigalingga, Kelompok Bermain Pelita Harapan Bangun Parbuluan, Kelompok Bermain Agape Tanah Pinem. (Clara)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *