DPRD Kotim: RSUD Murjani Harus Kedepankan Fungsi Sosial - Gaungdemokrasi.com
218 views
Pemerintahan

DPRD Kotim: RSUD Murjani Harus Kedepankan Fungsi Sosial

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – Sampit

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang H Syamsu kembali menekankan kepada pihak RSUD Murjani  Sampit untuk mengedepankan fungsi sosial ketimbang profitnya. Apalagi RSUD Murjani statusnya merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah yang pendanaannya berasal dari APBD Kotim.

‘‘Saya tekankan kepada siapapun pihak yang ada di RSUD Murjani, tolong  kita tidak henti-hentinya untuk mengedepankan fungsi sosial, nilai-nilai kemanusiaan yang harus diutamakan,” ucap Dadang di Sampit, Rabu (12/1/2022).

Dicontohkan, ketika ada pasien yang masuk di rumah sakit itu, maka hal pertama yang harus dilakukan yakni pertolongan secara cepat. Tidak lagi menunggu mengurus adminitrasi dan lain sebagainya.

“Misalnya, ada pasien masuk jangan ditanya dulu siapa penjaminnya, ada uangnya atau tidak. Langkah pertama itu, pastikan tindakan medis dulu dilakukan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Di situ saya katakan nilai kemanusiaan tadi yang harus diutamakan,” tegas mantan Ketua Bapemperda DPRD Kotim ini.

Dadang mengingatkan agar pihak rumah sakit memberikan fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga tidak mampu. Khusus untuk kondisi gawat darurat, rumah sakit tidak boleh menolak dan menarik uang muka dari pasien.

Menurutnya, pelayanan kesehatan sesuai standar rumah sakit yang berorientasi pada kepentingan pasien menjadi acuan. Hal tersebut mengacu pada Pasal 29 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Dadang juga menekankan kepada Dewan Pengawas di RSUD Murjani untuk aktif mendengarkan keluhan dari masyarakat dan pasien. Hal ini semata untuk menjadikan RSUD Murjani lebih baik dan maksimal dalam pelayanan publiknya.

“Bagaimanapun, kita harus dorong maksimalkan pelayanan untuk mengimbangi megah dan mewahnya gedung RSUD tersebut,” tandasnya. (mitra diskominfo kalteng/rkh)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *