Pemkab Bekasi Akan Sosialisasikan Anjungan SIAPkerja di Kawasan Industri MM2100 - Gaungdemokrasi.com
195 views
News

Pemkab Bekasi Akan Sosialisasikan Anjungan SIAPkerja di Kawasan Industri MM2100

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – CIKARANG BARAT

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mensosialisasikan pusat pelayanan terpadu ketenagakerjaan di Kawasan Industri MM2100. Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, pada Rabu, (12/01/2022).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Suhup mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat atas hadirnya pusat pelayanan ketenagakerjaan di Kabupaten Bekasi itu.

Suhup mengapresiasi pemerintah pusat dan Himpunan Kawasan Industri Indonesia maupun pihak lainnya, yang telah meresmikan untuk pertama kalinya layanan aplikasi ketenagakerjaan berbasis digital di Kabupaten Bekasi.

“Kami sangat mengapresiasi bahwa ini merupakan yang pertama kali di Indonesia yang diresmikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, yang nantinya akan menyusul di 9 kabupaten/kota lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya pusat pelayanan anjungan SIAPkerja ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, dan bisa memberi kemudahan terhadap pengusaha maupun para pencari kerja.

“Anjungan SIAPkerja yang ada di Kawasan Industri MM2100 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, yang di dalamnya memuat tentang permasalahan dan peluang yang berkaitan dengan ketenagakerjaan,” ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah mengatakan SIAPkerja merupakan sebuah inovasi pelayanan berbasis digital yang dikembangkan untuk menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara menyeluruh dan terintegrasi.

Selain itu anjungan SIAPkerja bertujuan untuk mendekatkan pelayanan ketenagakerjaan kepada stakeholder di kawasan Industri dan kawasan ekonomi khusus.

“Seluruh pelayanan SIAPkerja dapat terhubung secara digital, sehingga tidak diperlukan untuk datang langsung ke kantor Kementerian Ketenagakerjaan, namun bisa datang ke pusat pelayanan anjungan SIAPkerja ini,” terangnya.

Ida menyebutkan, hadirnya pusat anjungan SIAPkerja ini untuk memberikan layanan yang lebih dekat lebih mudah, baik kepada masyarakat secara umum maupun para pelaku usaha dan industri.

“SIAPkerja merupakan penyempurnaan dari sistem informasi ketenagakerjaan atau SISNAKER. Terdapat empat fitur untuk mempermudah pelayanan ketenagakerjaan diantaranya Skillhub, Sertifikasi, Karirhub dan Bizhub,” jelasnya.

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *