BPBD Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan dan Peka Bencana - Gaungdemokrasi.com
165 views
NewsPemerintahan

BPBD Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan dan Peka Bencana

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com - CIKARANG PUSAT

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln kembali meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi.

Pihaknya meminta agar warga masyarakat mempersiapkan diri, bilamana terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, puting beliung atau tanah longsor.

“Warga agar tetap waspada dengan cuaca ekstrem hingga Bulan Mei 2022. Kewaspadaan bencana alam seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor,” ujarnya saat dijumpai di Kantor BPBD, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat pada Kamis (10/2/2022).

Lebih lanjut Henri mengatakan, beberapa persiapan lain yang harus dipersiapkan masyarakat yakni pemberitahuan dengan bentuk suara saat terjadi bencana.

Henri mengatakan, masyarakat harus turut berpartisipasi dalam menyampaikan peringatan dini terjadinya bencana agar diketahui oleh warga lainnya.

“Bila terjadi bencana, secara tradisional warga bisa membunyikan kentongan, atau menyampaikan pemberitahuan melalui speaker masjid, apabila terjadi kebencanaan seperti banjir, puting beliung ataupun longsor,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat Kabupaten Bekasi, terutama yang tinggal di daerah rawan banjir, agar aktif membersihkan saluran air dari sampah. Sehingga tidak ada saluran air yang tersumbat dan menimbulkan banjir.

“Kalau drainase lancar, air hujan tidak akan menggenang lama, dan tidak berdampak terjadinya banjir di daerah pemukiman hingga berhari- hari,” terangnya.(gilangNawawi)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *