Hasil Rapat Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi 2024, Polres Musi Rawas Sediakan Empat Pos Serta Pemasangan CCTV - Gaungdemokrasi.com
34 views
News

Hasil Rapat Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi 2024, Polres Musi Rawas Sediakan Empat Pos Serta Pemasangan CCTV

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com MUSI RAWAS-Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi Pj Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setda Mura, Agus Susanto memimpin langsung rapat Kordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Musi 2024 Kabupaten Mura, di Gedung Pesat Gatra Polres Mura, sekitar pukul 13.30 WIB, Senin (1/4/2024).

 

Hadir juga, para PJU Polres Mura dan para kapolsek jajaran, perwakilan Kodim 0406 Lubuklinggau, Sat Pol PP Damka, Dinkes, Dinas PU Bina Marga, Disperindag, Basarnas, perwakilan PLN Muara Beliti dan perwakilan PT Pertamina.

 

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, mengatakan tentang rencana garis besar Ops Ketupat Musi 2024 dan pengamanan hari raya Idul fitri 1445 H, situasi geografis Kabupaten Mura, berbeda.

 

“Kemarin sudah terdapat kendala perihal jembatan tras yang terletak Kecamatan BTS Ulu menuju Kabupaten Pali sudah sangat mengkhawatirkan untuk dilintasi oleh pemudik menggunakan R4 (Mobil). Yang mana jembatan tersebut memang sudah banyak besi penyanggah yang kropos dan tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan berat serta berlebihan, sehingga ada kemungkinan menjadi kendala keselamatan para pemudik yang melintasi lokasi tersebut,” kata Kapolres

 

Senada disampaikan, Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, mengatakan tujuan kegiatan Ops Ketupat Musi 2024,yang mana bertujuan untuk menjaga situasi di Kabupaten Mura, yang sebagai mana sasaran utamanya Ops Ketupat Musi adalah Ops Kemanusian untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelaksaan ibadah bulan ramadhan serta lancarnya pelaksaan arus mudik serta balik idul Fitri 1445 H diwilayah Kabupaten Mura.

 

“Pencegahan terjadinya tindak kejahatan saat terjadi saat pemudik lebaran yg melintasi Kabupaten Mura, pencegahan tempat-tempat rawan pemalakan/pungli dutempat jalan rusak, pencegahan terjadi hal-hal tidak diinginkan saat melintasi jembatan yang sudah rawan/rusak berat,” kata Kabag Ops.

 

Kabag Ops menjelaskan, nantinya akan dibuat pos-pos pengaman selama ops ketupat musi 2024. Dan rencana kegiatan melibatkan, TNI 24 personil, Pol PP Damkar 40 Personil, Dishub 32 Personil serta ditambah Dinkes, Basarnas dan stekholder lainnya

 

“Dan, rencana Pos Pam Ketupat musi 2024 Polres Mura adalah 3 pos pam 1 pos yan, diantaranya, Pos Yan Pasar B Srikaton Tugumulyo, Pos Pam Simpang Semambang Tuah Negri, Pos Pam Danau Aur Sumber Harta dan Pos Pam Simpang Kasgoro STL.Ulu Terawas. Selain itu, Polres Mura, sudah menghibakan pemasangan CCTV di lokasi pos pam serta pos yan dan tempat rawan yang dilalui para pemudik sehingga bisa turut memantau situasi melalui comand center Polres Mura,” paparnya

 

Kemudian, Pj Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setda Mura, Agus Susanto mengatakan dalam rangka kesiapan Ops Ketupat Musi Tahun 2024 sudah turun langsung kelapangan dan telah ditemukan ketidak layakan jembatan penyebarangan diwilayah BTS Ulu, yang akan dominan dilalui pemudik.

 

“Sehingga dapat mencegah hal-hal yg tidak diinginkan dalam kesiapan pengamanan libur lebaran untuk pemudik yang akan melintasi Kabupaten Mura, menuju tempat tujuan mereka dengan selamat. Yang pastinya kami memerintah Kabupaten Musi Rawas, siap bersinergi dan mensukseskan pelaksanaan Ops Ketupat Musi tahun 2024,” kata Agus Susanto

 

Lalu, perwakilan Dinkes siap membantu kegiatan tersebut yang mana 1 Dokter 2 perawat sudah disiagakan, serta kesiapan 13 puskesmas Pelayanan 1×24 jam, 6 puskesmas tidak 24 jam, Team PSJ dari dikkes yang mana secara mobile standby di Posko PSC.

 

Sementara itu, perwakilan Dinas PU Bina Marga, perbaikan jalan dan jembatan yang mana sudah dilaksanakan pembersiahan bahu jalan yg mana sudah dianggaran tapi ada sebagian yang tidak bisa dilaksanakan karena masuk anggan provinsi. Jembatan yang rusak sudah akan dilakukan perbaikan walaupun jembatan tersebut merupakan masuk dari Provinsi.

 

“Serta kami siap akan membantu apabila terdapat kendala kerusakan jalan dan jembatan selama kegiatan ops ketupat musi 2024 di Kabupaten Mura,” Katanya

 

Sementara itu, perwakilan Basarnas, menyiapkan 1 Mobil truck, 1 kendaran R4 dobel gardan, 1 perahu karet disiapakan dalam pelakasaan ops ketupat musi 2024, yang mana tugas kami mobalair di 3 wilayah MLM.

 

“Sehingga kami tidak menetap yang mana kami hanya berada Pos Sar, personil Sar hanya 6 personil yg mengawaki 3 wilayah contak (0733)3284141,” paparnya

 

Kemudian, perwakilan Disperindak, akan memantau tentang peredaran barang pokok yang ada di kabupaten musi rawas dan melaksanakan oprasi pasar untuk mencegah kelangkaan bahan pangan serta peningkatan harga di Kabupaten Musi Rawas.

 

Pasar pemantauan,Pasar B srikaton dan Pasar Megang Sakti. Pemantauan invasi beras sehingga dapat melakukan pencegahan kelangkaaan dan melonjaknya harga bahan pokok di Mura. Dan kenaikanan harga beras sudah mulai melonjak diriingai oleh bahan pokok lainnya tetapi masih status aman dan terpantauan stok masih masih banyak.

 

Kenaikan akan mulai melonjak akan terjadi H-2 Idul Fitri sehingga akan membuatan banyaknya pesanan serta meningkatnya harga bahan pokok tersebut.

 

“Kami sudah bekerjasama dengan unit pidsus sat reskrim polres musi rawas dalam pemantaaun di Spbu Kabupaten Musi rawas sehingga tidak terjadi kelangkaan bbm yang mana semua distribusi bbm dikendalikan pertamina. Pedagang sudah bisa membeli beras bulok denga Harga HET yang sudah ditetapkan pemerintah, jika terjadi kelangkaan kita akan melaksaan operasi pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan,” paparnya

 

Selanjutnya, perwakilan PT PLN Muara Beliti, mengatakan 5 penyulang dimiliki oleh PLN muara beliti, kesiapan personil piket shiff 1×24 jam, posko ada 9 dan team Har terdiri 8 personil yang stand by 1×24 jam, malam takbiran dan sholat id sudah pasti di stand by On kelistrikab.

 

“Serta kami pihak pln bersedia membantu pengecekan kelistrikan pos pam dan Pos Yan Ketupat Musi Tahun 2024,” ucapnya

 

Lalu, perwakilan PT.Pertamina mengatakan, Pertamia akan menyiapkan agen siaga SPBG untuk mencegah kelangkaan tabung gas Elpiji di kab.Musi Rawas.

 

“Terdapat 219 pangkalan elpiji tanggal 11 kemarin sudah melaksaan extra droping ke agen2 elpiji di kabupaten dalam menyiapkan 24.080 tabung atau 10%, untuk 8 spbu di Kabupaten Musi Rawas ketersediaaan stok insyallah akan selalu di siapkan baik yang subsisi dan non susidi di Spbu Kab.Musi Rawas,” ucapnya

 

Kadispariwisata, untuk kegiatan danau aur sudah disiapkan 2 unit tenda dan panggung serta kelengkapan kesiapan pos yan danau aur,untuk kegiatan dekorasi diserahakan pihak polres.

 

Untuk posko kesehatan sudah disiapkan 1 pos kesehatan di hari H, pasti sepi pengujung akan ada pukul 12.00 wib dan lonjakan akan terjadi H+2 dan H+3;

 

“Permalasahan yang sering terjadi kendala Parkir bebas yg dimanfaati oleh oknum2 parkir liar.sehingga akan dibuat lokasi parkir sehingga lebih tertata dan dapat pencegahan kemacetan biaya harga parkir akan ditetapkan sehingga tidak terdapat perbedaan biaya parkir,” tuturnya.(Virgo s)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *