Wapres: Nilai Toleransi Berkembang dari Indonesia ke Seluruh Dunia - Gaungdemokrasi.com
News

Wapres: Nilai Toleransi Berkembang dari Indonesia ke Seluruh Dunia

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – jakarta

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan enam rumah ibadah di lingkungan fasilitas pendidikan Universitas Pancasila yang terletak di Jakarta pada Rabu (5/12/2022). 

“Saya nyatakan enam rumah ibadah di Universitas Pancasila diresmikan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin secara virtual. 

Terdapat enam rumah ibadah yang telah selesai dibangun di Universitas Pancasila yakni, Masjid At Taqwa, Klenteng (Konghucu), Graha Layanan Kristen (Protestan), Gereja Kristen Katolik, Pura (Hindu), dan Vihara (Budha). 

Dalam kesempatan kali itu, Wapres mengapresiasi upaya pembangunan enam rumah ibadah di sana. Sebab, memiliki makna yang sangat mendalam terhadap pengaplikasian nilai luhur Pancasila khususnya terkait dengan toleransi dalam lingkungannya. 

Artinya, Universitas Pancasila membuktikan komitmen kuatnya dalam menerapkan nilai toleransi pada lingkungan pendidikan. Hal ini, merupakan suatu hal yang patut dicontohkan oleh lembaga pendidikan lainnya. 

“Ini menunjukkan komitmen universal Pancasila dalam memantapkan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila sekaligus mengokohkan toleransi,” tutur Wapres. 

Langkah pembangunan rumah ibadah itu, tentunya juga akan membawa dampak positif terhadap memperkuat persatuan dan kesatuan. Dengan begitu, setiap umat yang berbeda keyakinan dapat berinteraksi satu sama lain saat bertemu di tempat ibadah. 

“Memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama dan menjadi perekat persatuan,” imbuh Wapres. 

Nilai toleransi, kata Wapres, kini tengah dipelajari oleh intelektual muslim dari negara lain untuk ditiru dalam merawat keberagaman yang dinegaranya. Niscaya, melalui nilai ini, berbagai keberagaman yang dimiliki dapat senantiasa menjadi pengokoh persatuan. 

Seiring dengan berjalannya waktu, nilai toleransi dapat didefinisikan dalam berbagai bahasa di dunia. Karena, memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam sebuah negara. 

“Nilai-nilai toleransi yang hidup di Indonesia ini akan menjadi model yang akan kita kembangkan di seluruh dunia

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *