Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Pemalang - Gaungdemokrasi.com
197 views
News

Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Pemalang

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

gaungdemokrasi.com – jakarta

Sebanyak 319 unit rumah di Desa Tasikrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah terdampak banjir pada Minggu (6/2). Banjir terjadi setelah sebelumnya desa tersebut diguyur hujan dengan itensitas tinggi.

Untuk mempercepat penanganan darurat, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan perangkat desa langsung melakukan evakuasi dengan perahu karet dan kaji cepat, serta pengamanan di sekitar lokasi terdampak.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang melaporkan, terdapat 504 KK terdampak dari banjir dengan ketinggian muka air 10- 15 sentimeter tersebut,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan yang diterima InfoPublik, Senin (7/2/2022).

Selain itu banjir juga mengakibatkan beberapa infrastruktur tergenang, seperti 4 unit fasilitas pendidikan, 50 hektar tambak, 155 hektar sawah dan 5 hektar kebun melati.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kabupaten Pemalang akan mengalami hujan ringan hingga sedang pada Senin (7/2) hingga Rabu (9/2).

Sementara itu untuk wilayah Jawa Tengah lainnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Merespons kondisi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar mempersiapkan diri dengan meningkatkan kesiapsiagaan meghadapi banjir. Mengingat musim hujan diperkirakan masih berlangsung pada Februari ini, antara lain dengan memahami rute evakuasi dan daerah yang lebih aman dari banjir.

Kemudian jika banjir sudah terjadi agar mewaspadai adanya tempat-tempat yang tertutup banjir dan menghindari tersengat listrik dengan mematikan sumber listrik di rumah masing-masing jika diperlukan.

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *