RINDU KIRAB BUDAYA MASYARAKAT KARAWANG PADATI JALAN TUPAREV DALAM RANGKA HUT KARAWANG KE 389 - Gaungdemokrasi.com
Advetorial

RINDU KIRAB BUDAYA MASYARAKAT KARAWANG PADATI JALAN TUPAREV DALAM RANGKA HUT KARAWANG KE 389

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

gaungdemokrasi.com – KARAWANG

Ribuan masyarakat berjejal di sepanjang jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev) hingga Alun-Alun Karawang. Mereka menyaksikan Pawai Kirab Budaya Karawang dalam rangka Hari Jadi yang ke 389 Jumat malam, 16 September 2022.

Acara dimulai melalui upacara tari adat pelepasan kirab oleh Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana di Plaza Pemkab Karawang.

Selanjutnya seluruh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) yang terdiri dari bupati, wakil bupati Karawang H Aep Syaepuloh, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, Dandim 0604 Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kajari Karawang ibu Martha Parulina Berliana. Serta instansi vertikal lainnya.
Usai dilepas, Bupati Karawang lantas menaiki kereta kencana yang telah dihias dan para muspida menaiki kuda menyusuri jalanan dari Pemda hingga panggung utama di Alun-Alun Karawang. Sepanjang jalan itulah, ribuan warga menyemut dan berjejal untuk melihat Kirab Budaya. Mereka mengelu-elukan Bupati Cellica yang tampil anggun menawan pada kirab budaya.
Setelah sampai di panggung utama Alun-alun, segenap muspida lantas turun dan menempati tempat duduk yang telah disediakan di atas panggung untuk menyaksikan pawai helaran budaya yang melibatkan puluhan komunitas. Mulai dari Tari Goyang Karawang Lodaya, Sisingaan, Barongsai, Reog, Pencak Silat, Persatuan Artis Karawang Mobil Hias dari kawasan industri, sajian kostum penampilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan sajian hiburan budaya lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyebut Kirab Budaya ini merupakan tradisi tiap kali Karawang berulang tahun. “Selama 2 tahun terakhir tidak ada kirab karena pandemi, akhirnya bisa kita adakan pawai lagi. Pada kangen gak acara pawainya? Saya lihat kerinduannya begitu besar sampai penuh semua jalanan ini,” tanya bupati.

Selain itu, pawai ini juga bisa terlaksana berkat kolaborasi semua pihak sehingga bisa sukses dan menyedot animo masyarkat yang demikian besar. “Ini adalah kolaborasi semua pihak, para OPD, BUMN, BUMD, kawasan industri, para komunitas seni dan budaya, semua solid menyukseskan acara,” tambahnya.

Kirab pawai yang digelar sejak pukul 20.00 WIB ini akhirnya berakhir hingga pukul 23.00 WIB.(Ts)

Share and Enjoy !

Shares
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *